Nge-Boat ke Lembongan

Jpeg
Pelabuhan Sanur

Rencana semula, destinasi wisata bahari yang akan kami tuju adalah Nusa Penida, Bali. Penida merupakan gugusan pulau terbesar di antara dua pulau lain (Lembongan dan Ceningan) yang terletak di antara Bali dan Lombok. Nusa Penida menawarkan banyak atraksi wisata bahari. Selain snorkeling dan menyelam, juga ada peternakan penyu.

Tapi, gara-gara menemukan akomodasi Alam Nusa Bungalow di Lembongan yang cantik dan harganya terjangkau, saya pun tergoda untuk menggeser destinasi ke pulau yang lebih kecil, Lembongan. Ya begitulah gaya traveling kami. Suka spontanitas, kadang-kadang berubah arah. Ah, tapi ada boat setiap hari dari Lembongan ke Penida. Artinya, jika pengin main ke Penida pun masih memungkinkan. Dan yang lebih penting, sebagai pemula yang ingin mencicipi snorkeling di laut, kami nggak terlalu pilih-pilih. Lembongan dan Penida sama-sama belum pernah kami selami lautannya.

Setelah menemukan akomodasi yang cocok di hati dan kantong, saya pun mulai mencari-cari moda transportasi yang melayani rute ke Lembongan. Karena kami tinggal di Jogja dan akan melakukan penerbangan ke Bali, maka penyeberangan ke Lembongan akan kami lakukan lewat pelabuhan Sanur.

Jpeg
The boat is coming

Ada sejumlah pilihan boat yang melayani rute Sanur – Lembongan PP, antara lain:

Perahu Umum atau JukungCara paling hemat menuju Lembongan adalah menggunakan perahu umum yang beroperasi tiap pagi sekitar pukul 08.00. Tarifnya hanya sekitar 50rb per orang dengan waktu tempuh 90 menit. Namanya juga transpor umum, penumpangnya tentu kebanyakan penduduk setempat. Tak jarang mereka juga membawa belanjaan berupa kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, dll. Bayangkanlah sebuah angkot yang dijejali penumpang dari pasar. Sebenarnya seru sih, bisa membaur dengan warga lokal, tapi karena mengajak anak wedok, perahu lokal saya singkirkan dari daftar. Apalagi tidak tersedia jaket pelampung di dalam perahu tersebut. Safety first itu penting loh.

Perama Local Boat. Perahu yang dikelola travel agent Perama ini mirip dengan perahu umum, waktu tempuhnya juga sekitar 90 menit. Bedanya, penumpangnya sudah tidak berjejal, nggak pada bawa belanjaan. Mungkin karena ongkos boat-nya yang lebih tinggi, hampir tiga kali ongkos perahu jukung, yaitu sekitar 150rb. Tapi, kabarnya, boat Perama juga belum dilengkapi jaket pelampung. Dan kami pun terpaksa menghindarinya, meski ongkosnya hemat dan cukup nyaman. 

Fast Boat. Sesuai dengan namanya, inilah boat yang paling cepat menuju Lembongan. Hanya sekitar 30 menit saja. Tentu saja waktu tempuh berkorelasi dengan harga tiket. Ongkos nge-boat cepat ini sektar 300rb sekali jalan. Jika membeli tiket pulang pergi biasanya lebih murah, sekitar 500rb PP.  Memang ongkosnya mahal ya, apalagi untuk uang rupiah. Tapi fasilitas dan safety di dalam boat memenuhi standar. Selain itu bagasi penumpang juga disimpan di tempat terpisah, di deck bagian atas, sehingga tempat duduk lebih nyaman dan longgar. Kami lantas menjatuhkan pilihan pada fast boat.

Ada beberapa operator fast boat, dua diantaranya yang terbesar adalah Scoot Cruise dan Rocky Fast Cruise. Kedua operator ini sama-sama melayani 4x trip dari Sanur – Lembongan dan Lembongan – Sanur. Harganya pun kurang lebih sama. Oiya, harga sudah termasuk penjemputan dan pengantaran dari/ke hotel.

Jpeg
Siap boarding naik ke atas boat

Saya sempat bingung memilih Scoot atau Rocky. Scoot memberikan layanan antar jemput gratis ke berbagai wilayah Bali. Nggak cuma di sekitaran Sanur, Kuta, Legian, dan Seminyak tapi juga ke Ubud. Bahkan jika membeli tiket min 2 orang, juga gratis antar jemput hingga Cangu dan Uluwatu. Padahal lumayan jauh tuh.

Sementara Rocky hanya memberikan fasilitas antar jemput gratis ke Sanur, Seminyak, Kuta, Legian, dan  Airport. Destinasi lain dikenakan biaya tambahan. Tapi akhirnya saya memilih Rocky. Tahu kenapa? Karena Rocky melayani antar jemput ke Airport.

Saat itu saya belum memesan tiket penerbangan Jogja – Denpasar. Sehingga belum ketahuan apakah akan terbang pagi dari Jogja dan begitu mendarat minta dijemput lanjut menyeberang Sanur – Lembongan. Ataukah menggunakan flight sore/malam, menginap dulu di Legian atau Sanur, baru keesokan harinya menyeberang ke Lembongan. Begitu pula penerbangan kembali dari Denpasar – Jogja juga belum punya jadwal pasti.

Tapi fasilitas antar jemput dari/ke airport yang tertulis di website Rocky, membuat saya mantap memilihnya. Kalau siap menyeberang setelah mendarat, saya nggak perlu keluar ongkos taksi ke pelabuhan kan? Begitu juga saat pulang, dari Sanur sudah langsung diantar ke Airport.

Jpeg
tempat duduknya nyaman

Saya memesan Rocky melalui email dan telepon. Sehari sebelum jadwal perjalanan, saya dihubungi pihak Rocky untuk memastikan reservasi kami. Saya juga memberikan informasi lengkap alamat hotel untuk penjemputan. Akhirnya kami menginap semalam dulu di Sanur, supaya lebih nyantai. Bahkan pagi hari masih bisa berenang di hotel dulu. Hehe…!

Pembayaran dilakukan pada hari keberangkatan. Sebelum ke pelabuhan, mobil penjemputan singgah dulu di kantor Rocky. Saat melakukan pembayaran, kami juga harus menginformasikan alamat hotel di Lembongan untuk pengantaran. Di pelabuhan, petugas Rocky memberikan stiker yang ditulisi nama hotel untuk ditempel di baju dan di tas bagasi. Saat tiba di Lembongan, driver yang menjemput akan mengenali kami dari stiker tersebut.

Penyeberangan pertama dengan fast boat ini sungguh menyenangkan. Bindi bersemangat dan kegirangan sejak menanti boat datang hingga naik ke atasnya. Pagi itu langit cerah dan air laut tak bergelombang.

Berbeda dengan saat pulangnya. Kami menggunakan boat terakhir pukul 17. Cuaca kurang bersahabat. Langit mendung dan angin yang kencang menimbulkan gelombang tinggi. Boat kami terbanting-banting. Seperti diangkat tinggi-tinggi lalu dihempaskan kuat-kuat membentur air. Rasa-ranya geladak kapal mau pecah.

Bindi sempet ketakutan dan memilih meringkuk di pangkuan. Untunglah kami memilih fast boat yang lebih aman untuk anak. Di saat cuaca kurang bersahabat, kami masih merasa tenang walaupun tegang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s