Piknik ke Hotel

lorin solo5
Kolam renang  Hotel Lor-In Solo

Sekali waktu, boleh dong, menginap di hotel bukan karena sedang berwisata ke kotanya. Tapi semata-mata karena pengin berekreasi ke hotel tersebut. Sekedar leyeh-leyeh dan menemani anak wedok berenang.

Inspirasi piknik ke hotel ini datang dari Bindi. Ia mulai bisa mengapresiasi bahwa menginap di hotel itu menyenangkan setelah usianya menginjak 4 tahun. Saat itu kami sedang berlibur ke Kuala Lumpur dan menginap di Ancasa Hotel & Spa Kuala Lumpur. Begitu memasuki kamar, Bindi langsung kegirangan melompat-lompat di atas kasur. “Buk, kenapa Eyang Kakung nggak diajak ke hotel? Kan di hotel enak…,” katanya membuat saya trenyuh. Bocah ini langsung ingat Eyangnya yang ditinggal sendirian di rumah.

Sejak itu Bindi sering menanyakan kapan kembali diajak liburan ke hotel. “Kapan kita ke hotel lagi, Buk?” Biasanya saya menjawab begini, “Ya nanti ya, kalau liburan ke Kuala Lumpur lagi, atau ke Singapura, atau ke Bali, kita akan menginap di hotel lagi….”

Beberapa bulan berselang, saat liburan sekolah hampir usai, tiba-tiba terlintas ide untuk mengajak Bindi menginap di hotel, di Jogja saja. “Gimana kalo kita ajak Bindi malem mingguan nginep di hotel?” Tanya saya pada Bapaknya. Sebelum bertanya kepada Edo, saya sudah terlebih dulu membuka situs reservasi Booking.Com untuk mencari hotel lumayan dengan fasilitas kolam renang dan harganya masuk dalam anggaran kami. Pilihan saya saat itu jatuh ke Hotel New Saphir yang langsung disetujui Bapaknya.

Hotel New Saphir bukanlah hotel yang istimewa dalam arti tidak memiliki keunikan interior maupun tema. Fasilitas hotel ini layaknya hotel bintang empat pada umumnya. Salah satu alasan saya memilih hotel ini untuk tamasya semalam karena kolam renangnya yang cukup luas. Sehingga Bindi bisa puas bermain air.

hotel saphir
Ciblon di Hotel New Saphir Jogja

Setelah merasakan piknik ke Hotel New Saphir, gantian saya yang ketagihan. Ternyata enak juga menginap di hotel hanya untuk nyantai. Habis check-in, mejelang sore langsung nyemplung ke kolam renang. Selesai berenang, pesan makanan lewat room service. Lalu menghabiskan malam di atas kasur sambil nonton TV. Besok pagi bangun tidur nyemplung kolam renang lagi. Habis berenang dan berbilas, menyantap sarapan, kemudian leyeh-leyeh lagi di kasur sampai saat check-out tiba. Bener-bener the best quality time with family deh.

Maka, tamasya ke hotel sepertinya bakal menjadi wisata alternatif bagi kami. Biayanya lebih hemat daripada liburan ke kota lain yang jauh. Selain itu juga nggak terlalu capek karena tinggal pilih hotel yang ada di sekitar Jogja. Kalau mau sedikit lebih jauh, bolehlah ke Solo atau Muntilan (Borobudur) yang hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan.

Hotel berikutnya yang menjadi destinasi kami adalah Hotel Lor-In Solo. Hotel bertabur bintang ini ternyata nggak semahal yang saya kira, apalagi jika dibanding dengan tarif hotel-hotel di Jogja yang gila-gilaan. Saat saya memesan lewat Booking.Com, tarif semalam untuk kamar standard hanya Rp 400.000 dan deluxe Rp 600.000. “Ha? Lihat nih, Do. Masak Hotel Lor-Ini cuma 400rb semalam?” Seru saya pada Edo sambil tetap memeloti layar laptop.

Kami memilih kamar yang hemat, yaitu standard room. Soal jenis kamar bagi kami bukan yang utama. Yang penting bisa berenang dengan riang dan leyeh-leyeh memanjakan diri.

lorin solo4
Sarapan di tepi kolam ikan

Hotel Lor-In adalah akomodasi bergaya resor yang dikelilingi sawah, kebun, dengan kolam renang berkilau di tengahnya. Kami menghabiskan waktu untuk berenang hingga senja dan menjadi orang pertama yang nyemplung kolam keesokan paginya.

Selepas sarapan di tepi kolam ikan, kami berjalan-jalan menyusur area hijau  yang begitu luas. Pohon-pohon kelapa berderet, selokan dengan jembatan kayu melintas di atasnya, serta padang rumput luas untuk berlarian. Rasanya seperti tengah berjalan-jalan ke pedesaan yang asri. Suatu hari, kami akan kembali lagi.

lorin solo1
Jalan-jalan ke “desa” Lor-In

 

Tips memilih akomodasi untuk berlibur:

  1. Manfaatkan situs reservasi seperti Booking.Com untuk menemukan banyak pilihan hotel sesuai dengan budget yang Anda tentukan. Anggaran akomodasi yang kami patok biasanya berada di kisaran Rp 500.000 per malam.
  2. Pilihlah kamar yang luas supaya anak-anak tetap bisa leluasa bermain di dalam kamar. Luasan kamar bisa dicek di situs tersebut. Periksa pula fasilitas yang ada di dalam kamr tersebut. Televisi mungkin penting buat hiburan anak-anak. Saya biasa memastikan ada fasilitas tivi kabel dan channel anak, meskipun nggak prioritas utama.
  3. Sokur-sokur jika bisa menemukan kamar studio atau apartemen. Jadi bisa sekalian menyiapkan makanan buat si kecil.
  4. Fasilitas kolam renang wajib hukumnya ya. Rasanya tak ada anak-anak yang nggak suka bermain air. Nyebur di kolam adalah rekreasi yang paling menggembirakan buat anak-anak.
  5. Garden dan playground yang luas tak hanya membuat anak-anak senang, tetapi juga memberikan nunasa hunian yang tenang dan nyaman.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s