Liburan: antara Bali dan Lombok

(image: semayacruise.com)

Bali atau Lombok? Kedua destinasi ini sempat menjadi alternatif pilihan liburan bulan Desember 2015 nanti. Bindi sudah tiga kali ke Bali. Masak bola-bali ke Bali? Kenapa nggak mencoba menengok pulau tetangganya, Lombok?

Maka saya pun mengecek jadwal penerbangan ke Lombok. Rupanya, saat ini sudah ada penerbangan langsung Jogja – Lombok (JOG – LOP). Meski hanya satu kali penerbangan, tapi harganya kurang lebih hampir sama dengan penerbangan Jogja – Denpasar. Layak dijelajah nih, kata hati saya sambil mulai meng-googling destinasi wisata di Pulau Lombok.


Kebetulan saya juga sudah lama nggak berlibur ke Lombok. Lamaaa sekali. Terakhir ke Lombok kalau nggak salah sekitar 8-10 tahun lalu. Dalam satu dasawarsa itu, tentulah Lombok banyak mengalami kemajuan. Setidaknya sudah ada Bandara Internasional yang konon merupakan bandara terbesar kedua setelah Soekarno Hatta. Pengin juga mencicip mendarat di landasan pacunya.

Setelah googling berjam-jam, mencari akomodasi dan destinasi yang cocok buat anak-anak, akhirnya saya mengurungkan niat liburan ke Lombok untuk sementara ini. Alasannya sederhana, rupanya tarif akomodasi di Lombok relatif lebih mahal dibanding Bali. Tentu saja akomodasi yang saya inginkan adalah yang nyaman buat anak, punya halaman luas dengan pepohonan rindang, dan ada kolam renangnya. Maklum, Bindi lagi keranjingan berenang. Bangun tidur pasti maunya nyemplung kolam renang.

Di Bali, akomodasi yang biasa kami inapi dengan fasilitas seperti di atas, dan lokasinya pun di kawasan wisata, tarifnya sekitar 350rb-500rb-an. Pilihannya banyak, melimpah. Mau di Legian, Kuta, Ubud, Sanur, Nusa Lembongan. Sementara itu di Lombok, selain pilihannya terbatas, tarifnya hotel inceran saya pun di atas 600rb per malam.

Apa boleh buat. Setelah berhitung budget, akhirnya kembali ke Bali. Ditunda dulu ke Lombok-nya ya. Tapi ke Bali-nya ke mana lagi ya? Selama tiga kali mengajak Bindi liburan ke Bali, sudah cukup banyak tempat yang dikunjungi. Monkey Forest, Bali Zoo, Bird Park, main di pantai, ngadem di tepi sawah Ubud, atau sekedar strolling di Legian.

Kembali saya mencari-cari destinasi anak lewat internet. Dan ketemulah wisata air di Nusa Lembongan, pulau kecil yang nyempil di antara Bali dan Lombok. Nggak jadi ke Pulau Lombok dan Pulau Bali, tapi kami akhirnya akan bewisata ke Pulau Lembongan. Hehe…!

Selain bisa berwisata bahari dengan puas, Nusa Lembongan juga menawarkan banyak pilihan akomodasi keren dan hemat. Saya menemukan akomodasi yang nyaman, asri, dengan review super good dari para tamunya. Harganya pun masih masuk dalam anggaran jalan-jalan kami.

Lihatlah foto bungalow yang akan kami inapi nanti. Anda pasti juga tergoda…

(Alam Nusa Bungalow & Spa, image: Booking.Com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s